Jangkriks's Blog

Waoww…. My first online experience di warnet

Posted in Uncategorized by jangkriks on 8 Juli 2009

Berdetak kencang sekali  jantungku, ketika itu; pasalnya belum pernah sekalipun aku  memasuki salah satu ruko yang ada di pinggir jalan dekat rumahku itu, dan (waoww….) aku sudah ada di depan pintu ruko dan siap melangkah ke dalamnya. aku sangat bimbang dan penuh dengan keraguan untuk melanjutkan langkahku. sampai ditegur oleh penjaga di ruangan itu: ” dik..! mau masuk ?…. masuklah! jangan berdiri di depan pintu, itu nomer 7 kosong… kamu menghalangi pelanggan yang mau masuk,” tegas penjaga di dekat pintu masuk.

Memang benar, banyak sekali orang silih berganti masuk kedalam ruangan di ruko itu. di dalamnya banyak sekali sekat-sekat pemisah antara komputer yang satu dengan yang lainnya. Dari anak-anak sampai orang dewasa, semuanya pernah masuk ruangan itu (saya rasa); warung internet (warnet, sebutannya).  Di sinilah pertama kali aku mengenal dunia maya itu seperti apa. Dan bagaimana rupanya. Menulis dan mencari kata apapun bisa muncul hasilnya…. lho. Ada artikel, gambar, suara bahkan video.

Usiaku hampir 13 tahun waktu itu, dan aku duduk di bangku SMP.  Walaupun sudah pernah mendengar pertama kali berbagai istilah tentang: browsing, surfing, http, WWW, dunia maya, internet, e-mail, situs dan warnet dari guru di sekolahku; tetap saja aku masih panik dan keluar keringat dingin, ketika masuk ke dalam warnet itu pertama kali. Walaupun aku tidak sendirian pada saat itu. Aku berfikir warung apalagi nihh? jualan apaan ya di dalamnya?… fikirku.

Akhirnya, aku dan sobatku duduk di sekat nomer 7 yang disebut oleh petugas warnet itu. Aku tanya: “bagaimana cara bukanya bang?” (buka halaman internetnya); “kamu klik aja lambang huruf  [e] untuk buka halaman pertamanya, lalu nanti kamu mau cari apa saja, tinggal ketik disitu”, jawab petugas warnet. Yapps, ternyata benar yang dibilang si petugas itu. “WWaoww”, terbesit di benakku. ini yang namanya internet dan berselancar ria di dunia maya. Pantas saja, teman-temanku sudah lebih dulu akrab dengan internet; dan mereka selalu bergumam: “nanti kita selancar (surfing) di warnet mana lagi nih, men?” setiap menjelang pulang sekolah. Maklumlah mereka punya uang lebih.

Karena internet-an itu masih jadi hal yang mahal dan memiliki nilai prestise yang tinggi dan merupakan”sesuatu” yang istimewa bila bisa memanfaatkannya dan memilikinya saat itu. Bahkan sampai saat ini pun masih banyak yang mengalami hal serupa dengan saya dulu. Belum bisa dirasakan oleh semua orang secara merata, di berbagai pelosok. Bahkan di pinggir Jakarta yang notabenenya ibukotapun masih ada yang belum tahu teknologi ini.

Oo.. iya,  saat itu aku dan temanku mendapat tugas untuk mengirim surat elektronik (e-mail) ke guru kami. Aku dan temanku bingung, gundah, dan kecewa pada saat itu. Karena kami tidak berhasil mendapat sebuah akun pada salah satu situs yang kesohor saat itu. dengan malu-malu dan setengah bersedih (berkaca-kaca mataku) menghadap ke petugas untuk memintanya membimbing kami; agar kami memilki sebuah alamat e-mail; untungnya sang petugas dengan senang hati membantu kami. Akhirnya kami mendapatkan alamat kami, dan si petugas menyarankan agar dicatat nama pengguna serta password-nya. ” Agar bila berkunjung di kemudian hari, tidak perlu membuat lagi, dik..”  tegas si petugas. Kami gundah dan nyaris bersedih, karena memang uang yang kami bawa pas-pas-an; sedangkan jatah waktu tinggal sebentar lagi, ditambah tugas kami belum selesai. Fikirku: masa sih, uang jajan dah habis, tugas juga nggak selesai. Cilaka dong….

Itulah sekilas pengalaman online pertamaku. Setting waktu cerita ini sekitar pertengahan tahun 1996 .

3 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. thanks said, on 10 Juli 2009 at 15:58

    waduhh ada yg baca juga, jadi mau nulis lagi nihhh…. ehhh malu deng. trims utk supportnya oom…..

  2. Farijs van Java said, on 8 Juli 2009 at 19:28

    ayo semangat online, netter!

    v(^_^)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: