Jangkriks's Blog

Tarkib Dasar (Umum)

Posted in Tugas tuk Kelas 7, Tugas tuk Kelas 8, Tugas tuk Kelas 9, Uncategorized by jangkriks on 5 Agustus 2009

Kata ( الْكَلِمَة )  dan Kalimat  ( الْجُمْلَة )

Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini!

(1)   هَذَا كِـتَابٌ                          ‘Ini sebuah kitab.’

(2)   الكِتَابُ مِنَ اللهِ                     ‘Kitab itu dari Allah’

(3)   الله رَبُّ ا لْعَالَمِيْنَ             ‘Allah itu pengatur alam semesta’

(4)خَلَقَ اللهُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْض            ‘Allah menciptakan langit dan bumi.’

(5)   يَهْدِي إلىَ صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ    ‘Dia menunjuki jalan yang lurus’

(6)   قُلْ اَعُوذُ بِرَبِّ النَّـاسِ        ‘Katakanlah,”Aku berlindung kepada Tuhan manusia.”

A. الْكَلِمَةُ ( Kata )

Tidak seperti bahasa Indonesia yang mengenal banyak sekali jenis kata (+ 12 jenis kata), bahasa Arab hanya mengelompokkan kata menjadi 3 (tiga) jenis saja, yaitu:

1. اسم  isim, yaitu kata benda, atau yang dianggap benda

2. فعل  fi’il, yaitu kata kerja

3. حرف harf , yaitu partikel / kata petugas

Bila contoh-contoh di atas diurai berdasarkan jenis-jenis katanya maka akan tergambar seperti pada tabel 1, berikut ini.

Tabel 1: Penguraian kata berdasarkan jenisnya

اسم

فعل

حرف

هذا /كتاب / الكتاب / الله / ربّ / العالمين / السماوات / الأرض / صراط / مستقيم / الناس خلق / يهدي / قل/ أعوذ من / إلى / و / بِ

Untuk memudahkan kita menentukan jenis sebuah kata, kita perlu mengetahui ciri-ciri khusus yang menandakan jenis kata tersebut, yaitu:

1. Ciri-ciri اسم

a. Diawali oleh “ال” , seperti : الكِتـَابُ  , الناس , dan lain-lain.

b. Berakhiran “tanwin” atau baris ganda ( ــًـ ــٍـ ــٌـ ), seperti: كـتابٌ , صراطٍ dst.

c. Berbaris akhir “kasrah” ( ــِـ atau ــٍـ ), karena di depannya ada kata petugas, seperti: من الناسِ , إلى صراطٍ , dst. Atau karena kasus lain (akan dijelaskan kemudian).

d. Berakhiran tha’ marbuthah ( ـة / ة ), seperti جَـنَّـةٌ  ‘surga’, شَـجَرَة  ‘pohon’, dan lain-lain.

2. Ciri-ciri فعل

a. Minimal terdiri dari 3 huruf (kecuali dalam keadaan tertentu, (akan dijelaskan kemudian), seperti خلق , جَعَلَ , قَرَأَ , dan lain-lain.

b. Sering didahului partikel (حرف) seperti: قَدْ , أَنْ , سَ , سَوْفَ , لِ dan lain-lain..

3. Ciri-ciri حرف

a. Bentuknya sangat sederhana, bisa hanya terdiri dari satu huruf seperti بِ , لِ

b. Tidak bisa berdiri sendiri (setelahnya harus diikuti oleh اسم atau حرف ), seperti إلى صراط , مِن الله   dan lain-lain.

c.  Merubah keadaan kata (اسم atau فعل ) yang mengikutinya, dan hal ini ditandai oleh beruhahnya baris akhir kata tersebut.

contoh:

إلَى صِرَاطٍ, ,    aslinya صِرَاطٌ

إنَّ الدِّيْنَ ,          aslinya الدِّيْنُ

أَنْ يَذْهَبَ ,        aslinya  يَذهَبُ , dan lain-lain

Dikutip dari buku “Belajar Bahasa Al-Qur’an Jilid 1” Karangan Fu’ad A. Sa’ad

Tagged with: , , , ,

41 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Andini muslimah said, on 10 Maret 2010 at 16:13

    Ass.wr.wb

    pak tolong jelasin lagi donk tentang sifat,mubtada dan khobar???

  2. andini muslimah said, on 14 Februari 2010 at 20:38

    Assalamuallaikum
    بلدي حزمة الآن قادرة على ارسال ملاحظاتك مع كبير حزمة اللغة العربية

  3. andinimuslimah said, on 9 Februari 2010 at 16:37

    Assss.wr.wb

    pak sekarang hafalannya masih tentang hobi atau yang lain??????????????

    • jangkriks said, on 11 Februari 2010 at 16:00

      ganti juga boleh.

  4. Heryan Tony said, on 1 November 2009 at 10:26

    Semoga sukses selalu, pak.

    • Mr. FM said, on 3 November 2009 at 20:44

      trims…
      atas kunjungannya nan jauh di seberang sana.

  5. Heryan Tony said, on 1 November 2009 at 10:24

    Wah… Mantap ni Pak, bisa belajar bahasa Arab GRATIS!

    • Mr. FM said, on 3 November 2009 at 20:51

      silahkan pak….!?
      saya baru bisa seperti ini….
      mohon dukungan n sumbang sarannya untuk mengemas dengan anggun dan elegan blog “jangkriks” ini.
      sekali lagi trims

  6. www.jangkriks.com said, on 28 Oktober 2009 at 15:07

    Assss.wr.wb

    pak saya dah baca ,tapi masih kurang ngerti soalnya gak di jelasin sama bapak.

  7. Bariz Nur Hanifah said, on 11 Oktober 2009 at 11:51

    Ass….
    Pak nilai b.arab 8.4 d mn ???

  8. Sri purwaningsih said, on 11 Oktober 2009 at 11:47

    Pak nilai ulangan saya yang kemarin berapa?
    Bagus ga pak???

  9. Trie kurnia lestari said, on 11 Oktober 2009 at 11:42

    pak nyari nilai 84 dimana pak?

  10. Trie kurnia lestari said, on 11 Oktober 2009 at 11:41

    pak nyari nilai 84 dimana?????

  11. Andini muslimah said, on 11 Oktober 2009 at 11:28

    Ass.w.b

    Maaf ya pak baru ngirim komen,pak saya masih belum mengerti tentang harfun.Maksudnya apa pak ?????????

  12. hanifah said, on 11 Oktober 2009 at 11:24

    B.NUR HANIFAH
    ASS…
    pak..tugas rekaman d kumpulinnya kapan???

  13. awiddatuts tsiqoh said, on 5 September 2009 at 16:06

    ass…
    pa kpn kls kami ganti bab?

  14. awidda said, on 5 September 2009 at 16:04

    ass… ustd
    pa kls 8.2 kapan ganti bab kls lain udah y pa,,, ? nilai kt yang baru dmn y pa? wassalam

    • Mr. FM said, on 7 September 2009 at 01:55

      Rencananya Senin, tanggal 7 Sept’09 kita mulai yg baru; berhubung ada SanLat… Jadi Tugas mandiri deh.

      Mengenai nilai, gak bisa di terbitkan di sini lagi; karena sudah tidak berupa Tabel lagi, seperti sebelumnya. Jadi kalau kamu mau lihat ataw baca, harus pakai penggaris di letakkan di monitormu…. (ma’af sekali) Karena sistem di WP-nya dah berubah.

  15. iqbal said, on 29 Agustus 2009 at 17:09

    ass.wrb.
    pak tentang jam ada di mna

    • Mr. FM said, on 29 Agustus 2009 at 20:43

      Ada di Buku Paket atw LKS, Kalau materi yg ada di Blog ini adalah materi tambahan yg belum tercakup di Buku ataupun LKS.

  16. saepudin bukhori said, on 25 Agustus 2009 at 14:33

    ass,,pak sya isim ma fi’il sdah ngerti tapi harf’a yg blum ngerti

    • jangkriks said, on 25 Agustus 2009 at 19:47

      Insya Allah HARF akan dibahas di postingan yang akan datang.

  17. meilady i.s.p said, on 25 Agustus 2009 at 14:31

    ass,,saya kurang mengerti tentang harf

  18. ahmadfadillah said, on 25 Agustus 2009 at 14:29

    assalamualaikum,,,pak saya fi’il +isim sdah ngrti,,tapi cma harf yang saya tidak mengerti

    • jangkriks said, on 25 Agustus 2009 at 19:44

      wa’alaikum salam……
      Lihat Komentar yang di bawah ini; sudah ada penjelasan tambahan.

  19. abdurahman taufik said, on 25 Agustus 2009 at 13:55

    assalamualaikum,,,pak saya bru mengerti dengan fi’il n isim,klo yang lain saya blum mengerti?….

  20. abdurahman taufik said, on 25 Agustus 2009 at 13:51

    assalamualaikum,,,pak saya bru mengerti dengan fi’il n isim,klo yang lain saya blum mengerti?

    • jangkriks said, on 25 Agustus 2009 at 19:41

      Wa’alaikum salam…. ya, gak papa. yang penting yang sudah kamu fahami di praktikkan, terus menerus. أحسنتَ

  21. elza yulia m said, on 23 Agustus 2009 at 14:31

    Ass…………..,
    Pa,sya bru ngrti fi’il nd isim..,
    klo harf sya lum ngrti,,

    • jangkriks said, on 23 Agustus 2009 at 21:41

      Coba kamu baca komentar sebelumnya… sudah ada jawabannya kok.

  22. vannesa july apriani said, on 20 Agustus 2009 at 16:11

    Ochre dech bapak,,,
    pak apa saya harus k’mts7 untuk beli buku bhs.Arab !!!!
    tpi kan jauh tau pak ????

  23. vannesa july apriani said, on 20 Agustus 2009 at 15:29

    assalamualikum……
    bapak tugas ngerekam’a saya gag punya hp yg bwt vidio’a pak,,, jd gimana donk pak ????

    • jangkriks said, on 20 Agustus 2009 at 16:01

      Pinjam Hape temanmu….. Ataw berkelompok dengan yang punya, tapi merekamnya tetap satu-persatu. oke.

  24. syevira nurlita lestari said, on 19 Agustus 2009 at 19:22

    assalamualaikum……
    bapak,, kalau beri tugas jangan susah”,,,
    truss,, bapak klw ngjelasin jangan cepat” vira kan jadi susah ngerti!!!!

    • jangkriks said, on 19 Agustus 2009 at 19:27

      kalo gitu, saat belajar Bhs. Arab kamu harus bawa alat rekam (Tape rekorder kecil) tuh; kaya punya wartawan/reporter … biar kamu bisa ulang-ulang lagi di rumah.

  25. fannesa july apriani said, on 19 Agustus 2009 at 19:11

    assalamualaikum………… pak knpa cii isim itu harus di akhiri dngan tnda tha’ marbuthah???????

    • jangkriks said, on 19 Agustus 2009 at 19:23

      Kalau itu silahkan langsung tanya sama orang arabnya deh… karena itu memang sudah baku, didapat dari *sima’i* istilahnya, atau kesepakatan penutur asli.

  26. Siti Rohmah said, on 19 Agustus 2009 at 18:48

    Saya blm ngerti pa’ ..
    dg ap yg dmksud fi’il smwnya pa .. hhe ..

    • jangkriks said, on 19 Agustus 2009 at 21:27

      Masa sih?!… ya deh nih ditambahin; yang pasti Fi’il itu tidak pernah berharokat Kasroh ( ــِـ ) apalagi Kasrotain (Tanwin). khusus Untuk Fi’il mudhori’ selalu mendapat salah satu huruf tambahan أ , ن , ي , ت di awalnya. dan lain-lainnya…

  27. fannesa july apriani said, on 18 Agustus 2009 at 18:31

    assalamualaikum,, pak yang di maksud kata petugas itu apa ya pak ?

    • jangkriks said, on 19 Agustus 2009 at 04:59

      Wa’alaikum salam….. Itu adalah kelompok Harfun. kalau dalam bahasa Indonesia, Kata Tugas itu bisa jadi: Kata depan, Kata penghubung, dan lainnya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: